Friday, October 18, 2024
Home > Headline > Cak Nun Pendaharan Otak Dilarikan ke Rumah Sakit, Buya Yahya: Kondisi Membaik

Cak Nun Pendaharan Otak Dilarikan ke Rumah Sakit, Buya Yahya: Kondisi Membaik

Cak Nun.

Mimbar-Rakayat.com (Jakarta) – Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Bahja, Buya Yahya menjenguk budayawan sekaligus sastrawan Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun yang sedang terbaring di rumah sakit (RS) di Yogyakarta, Jumat (7/7/2023).

Buya Yahya mengatakan kondisi Cak Nun yang dirawat karena pendarahan otak, saat ini sudah mulai membaik. Dia mendapat penjelasan dari adik Cak Nun, Yusron Aminulloh bahwa sang kakak saat ini dalam proses pemulihan. Cak Nun juga dalam kondisi sadar dan pulih.

“Saya bahagia bisa bertemu Mbah Nun dalam proses pemulihan dan berdialog dengan Bu Novia Kolopaking, istri beliau dan mendapat penjelasan lengkap kondisi mbah Nun,” kata Buya Yahya dikutip dari siaran persnya, Jumat (7/7/2023).

Menurut dia, Cak Nun merupakan pejuang ummat sejati. Buya Yahya mengatakan Cak Nun selalu memikirkan ummat sehingga kelelahan dan jatuh sakit. Demikian dirilis Liputan6.com)

“Beliau pejung ummat sejati. Hidupnya untuk ummat, sampai tidak pernah memikirkan dirinya sendiri, hingga kelelahan dan sakit,” ujarnya.

Buya Yahya mengatakan dirinya merupakan murid Cak Nun sejak muda. Dia pun berharap Cak Nun bisa kembali pulih dan dapat membimbing ummat.

“Tapi jutaan Ummat mendokan, insya Allah kabulkan doanya ummat agar Mbah Nun bisa melanjutkan membimbing kami. Saya murid beliau sejak muda,” tutur Buya Yahya.

Pimpinan Ponpes Tebuireng dan KH Mustofa Bisri Rembang, K.H Hasan Abdullah Sahal juga menyampaikan doa yang sama. Dia mendoakan agar Cak Nun segera pulih dan dapat beraktifitas seperti biasanya.

“Semoga Cak Nun segera diberikan kesembuhan dan dapat beraktifitas seperti biasanya,” ucap Hasan.

Adik yang juga manajemen Mbah Nun, Muzakki menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang sudah mendoalan kesehatan Cak Nun.

“Wa bil khusus, rasa terima kasih yang mendalam kami haturkan kepada para sesepuh dan sahabat-sahabat beliau yang juga terus mengalirkan doa untuk beliau,” tutur Muzaki.

Dilarikan ke RS

Sebelumnya, budayawan sekaligus sastrawan Emha Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun dikabarkan dilarikan ke rumah sakit, Kamis 6 Juli 2023.

Cak Nun dikabarkan masuk ke rumah sakit akibat pendarahan otak. Kabar tersebut pertama kali tersebar di grup WhatsApp Jamaah Maiyah.

“Mohon doanya teman-teman, Cak Nun gak sadarkan diri dirawat di RS Sarjito ada pendarahan otak. Sungguh mohon keikhlasan doa dari teman-teman semua,” tulis pesan tersebut.

Dokter Eddot, yang juga kawan dari Cak Nun saat dihubungi Liputan6.com, Kamis sore 6 Juli 2023, membenarkan kabar Cak Nun masuk rumah sakit. Meski demikian, dirinya tidak merinci kondisi Cak Nun secara detail.

Dan saat ini, setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Cak Nun sudah dalam kondisi baik, meski harus menjalani perawatan dengan intensif.

Menurut Sekretaris pribadi Cak Nun, Nur Janis Langgabuana, kondisinya sudah semakin membaik setelah mendapat penanganan di rumah sakit.

“Sekarang sudah lebih baik dari kabar yang saya dapat pukul 17.00 WIB tadi. Kalau tadi membaik, sekarang lebih baik lagi,” katanya di Yogyakarta, dilansir dari Antara, Kamis 6 Juni 2023.

Menurut Nur Janis, Cak Nun mulai menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito, Sleman, pada Kamis 6 Juli 2023 sekitar pukul 14.30 WIB.

“Adiknya ngabari saya CN (Cak Nun) masuk rumah sakit, terus kemudian saya memantau perkembangannya,” ucap Nur Janis.(ds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru