Thursday, September 19, 2024
Home > Berita > Capres Menhan Prabowo Sungkan Disandingkan dengan Sukarno: Beliau Proklamator

Capres Menhan Prabowo Sungkan Disandingkan dengan Sukarno: Beliau Proklamator

Prabowo berziarah ke makam Sukarno. Prabowo mengaku menghormati Sukarno, sungkan dibandingkan dengan sosok proklamator RI itu.

Mimbar-Rakyat.com (Blitar) – Calon presiden nomor urut 2 Menhan Prabowo Subianto sungkan disandingkan dengan sosok Presiden ke-1 RI Sukarno.Prabowo menyebut Bung Karno merupakan proklamator sekaligus tokoh sentral yang mengantarkan Indonesia merdeka.

“Ya ndaklah, beliau adalah proklamator, beliau adalah salah satu tokoh besar yang mengantar bangsa kita merdeka,” kata Prabowo usai berziarah ke makam Bung Karno di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12).

Hal itu ia sampaikan saat diminta tanggapan soal penilaian sejumlah pihak yang melihat ada sosok Bung Karno di dalam diri Prabowo. Ketua Umum Gerindra itu mengaku sangat menghormati sosok Sukarno.

“Beliau mempersatukan nusantara. Jadi saya kira patut kita hormati,” ucap dia.

Dalam ziarah ke makam Bung Karno di Blitar di hari ini, Prabowo mengenakan kemeja berwarna krem dibalut dengan peci dan kacamata hitam. Prabowo ditemani cucu Bung Karno, Didi Mahardika, putra dari almarhumah Rachmawati Sukarnoputri.

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Wakil Wali Kota Blitar Tjuk Tjuk Sunario, dan Ketua DPD Demokrat Jawa Timur Emil Dardak turut mendampingi Prabowo.

Ziarah Prabowo ke makam Sukarno hari ini bukan yang pertama. Pada Mei 2018, Prabowo juga pernah berziarah ke makam Bung Karno.

Bung Karno wafat pada 21 Juni 1970 di Jakarta. Ia dimakamkan di Blitar.

Ia menjabat sebagai presiden selama kurang lebih 21 tahun, sejak 1945-1966. Tampuk kepemimpinan berpindah ke Suharto bersamaan dengan keluarnya surat perintah sebelas Maret (Supersemar). (ds/sumber CNNIndonesia.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru