Thursday, September 19, 2024
Home > Berita > Data dan fakta Lone Star Le Mans, Persaingan Kejuaraan WEC 2024 semakin ketat 

Data dan fakta Lone Star Le Mans, Persaingan Kejuaraan WEC 2024 semakin ketat 

Data dan fakta Lone Star Le Mans, Persaingn semakin ketat. (fiawec)

Ninbar-Rakyat.com (Jakarta) – Setelah sesaat rehat musim panas, Kejuaraan Ketahanan Dunia (FIA WEC) kembali bergulir akhir minggu ini, merupakan putaran keenam musim 2024 dengan tajuk  Lone Star Le Mans – diadakan di Circuit of the Americas di Austin, Teksas.

Terletak di jantung kota Teksas, COTA diperbarui dengan berbagai fasilitas sebagai kota seni serta sirkuit yang penuh tantangan.

Sejak dibuka pada 2012, sirkuit itu dengan cepat menjadi salah satu sirkuit favorit bagi para pebalap dan tim, khususnya karena perubahan ketinggiannya yang dramatis. Ada jalur pendakian menuju Turn 1, dikenal dengan nama “Big Red” serta ketajaman mengarah ke kanan pada tikungan 16, 17 dan 18.

Sudah empat tahun lamanya sejak WEC terakhir dilagakan di COTA, tepatnya pada Februar 2020. Selama bertahun-tahun ini, sirkuit itu menjadi tuan rumah WEC yang mendebarkan, termasuk ketika terjadi pertarungan keras untuk mendapatkan kemenangan dalam laga dramatis karena perbubahan cuaca.

Sekarang WEC kembali dan bertambah keras, dengan datangnya 13 tim fabrik dari berbagai negara, di antaranya tiga dari America (Cadillac, Corvette dan Ford), dan akan ada 18 Hypercars serta 18 mobil masuk kelas LMGT3. Pertarungan di sirkuit Teksas itu dipastikan berlangsung seru, bertepatan pula dengan Hari Buruh Amerika di akhir minggu.

Dengan panjang lintasan 5,5 km dan ditempuh berlawanan dengan arah jarum jam, COTA menyuguhan 20 tikungan (11 ke arah kini dan 9 ke kanan). Kendaraan Hypercars bisa mencapai kecepatan 305 km per jam = dan sekitar 44% dari sirkuit ditempuh dengan “fully-opened throttle”. Selama satu putaran sirkuit itu, para pebalap  Hypercar melakukan pergantian transmisi sekitar 54 kali.

Pada daftar para peserta balap, terdapat tiga pebalap lokal termasuk tampilnya kembali pebalap dua kaii juara WECm Ben Keating, yang mengendarai mobil No. 88 Proton Competition Ford Mustang LMGT3. Pebalap itu menggantikan pebalap perunggu yang regular Giorgio Roda yang akan bermain didampingi pebalap pabrik Dennis Olsen dan Mikkel Pedersen.

Keating, dari Teksas, yang sehari-hari sebagai dealer mobil yang berhasil, belum pernah menaiki Mustang berwarna hitam dan kuning keemas an itu, tetapi ia memiliki rekor bagus. Ia pernah memenangi tiga dari empat kejuaraan sirkuit itu, di kelas IMSA’s GTD.

Ia tetap merendah dengan mengatakan, :Saya tetap berharap dapat melakukan sesuatu dengan mobil ini. Saya merasa takjub dan semoga dapat mendominasi laga. Saya merasa amat senang dengan balapann ini.”

Bersama Keating, ada lagi pebalap Amerika yang menjadi pujaan penonton yaitu pebalap Heart of Racing Team, Aston Martin, yang membalap di LMGT3.  Pebalap lainnya kendaraan No. 77 Proton Competitionm Ryan Hardwick.

Dengan sisa tiga putaran lagi WEC musim ini (AS, Jepang dan Bahrain), perseteruan untuk menjadi juara 2024 semakin tajam.

Menyusul kemenangan Toyota di kejuaraan Rolex 6 Hours di Sao Paulo, maka klasemen kejuaraan dunia fabrik FIA Hypercar semakin dekat dengan Porsche, terpaut hanya empat poin dengan Toyota. Porsche Penske Motorsport naik podium pada tiap laga di lima seri sebelumnya, dan sekarang mengantungoi nilai 126 poin sedangkan Toyota, yang menang di Imola dan Sao Paulo, memiliki 122 poin.

Kemenangan Ferrari di laga 24 Hours of Le Mans Juni, membuat tim Prancing Horse itu mengantungi nilai 109 poin – terpaut hanya 17 poin dari tim pncak klasemen, Porsche. Dengan simpanan 91 poin (termasuk poin dari pole position) masih ada kemungkinan untuk mengejar tim paling atas, antara Porsche, Toyota danFerrari.

LMGT3

Kelas baru di kejuaraan 2024, jategori LMGT3, merupakan laga paling menegangkan musim ini di semua lima seri yang sudah dilangsungkan.

Laga musim ini diawali dengan kehebatan tim Manthey dengan Porsche 911 GT3 Rs mereka, yang secara konsisten tampil bagus.

Namun laga tetap marak dengan tampilnya pesaing berat mereka, Team WRT dengan mobil BMW M4 LMGT3, United Autosports’ McLaren 720S, Heart of Racing’s Aston Martin Vantage AMR LMGT3 dan AF Corse’s Ferrari 296 GT3s, yang juga terus berusaha naik podium.

Pebalap Idonesia Sean Gelael di salah satu kejuaraan FIA WEC . (jagonya ayam)

Pebalap profesional Indonesia, Sean Gelael, turun di kelas LMGT3 membawa bendera Team WRT. Ia akan menaiki BMW M4 dengan nomor pintu 31. Ia bersama rekannya kini mengantungi nilai 74 poin.

Pebalap wanita Iron Dame, yang mengendarai Lamborghini Huracan GT3, mendapat pole positions di Interlagos dan Spa-Francorchamps, sehingga persaingan tambah panas. Persaingan tetap terjalin dengan tim lainnya, termasuk TF Sport Corvette Z06, Akkodis ASP and its L exus RC F LMGT3 and the Proton Competition Ford Mustangs, yang menunjukkan kecepatan kendaraannya pada musim ini.

Kelasemen di kelas ini sangat ketat, tim Manthey yang tetap konsisten pada musim ini mengantungi nilai (100 poin dan 75 poin. Tapi Team WRT (74 poin) dan Heart of Racing (55 poin) tidak jauh di belakangan mereka. Ini membuat perburuan untuk gelar juara 2024 masih amat krusial.

Perlombaan di Teksas ini akan dimulai  Jumar 30 Agustus dengan sesi FP1 dan FP2, sedangkan babak kualifikasi dan  Hyperpole – diadakan Sabtu. Pengibasan bendera hijau untuk laga selama enam jam itu berlangsung pukul 13:00 waktu local pada Minggu 1 September 2024.

Jadwal lomba:

Jumat 30 Agustus

12:40 – 14:10 Latihan bebas (FP) 1

17:10 – 18:40 Latihan bebas 2

Sabatu 31 Agustus

11:00 – 12:00 Latihan bebas 3

15:00 – 16:10 Qualifying + Hyperpole

Minggu 1 September

13:00 – 19:00 Lone Star Le Mans

(fiawec / arl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hallo kawan, silahkan klik tombol Like / Follow untuk mendapatkan berita dan tulisan terbaru